Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP
Secara umum, modul ajar yang dikontribusikan di Platform Merdeka Mengajar memiliki ketentuan komponen minimum sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen, yakni:
- Tujuan pembelajaran
- Rencana asesmen di awal dan akhir pembelajaran
- Langkah pembelajaran
- Media pembelajaran
Namun, untuk menunjang keterbacaan dan kemudahan pencarian modul ajar untuk pengguna, modul ajar yang tayang di Platform Merdeka Mengajar terdiri dari komponen sebagai berikut:
- Informasi Umum
- Pemilihan jenis satuan dan jenjang pendidikan
- Pemilihan fase dan kelas
- Pemilihan mata pelajaran
- Penanda kebutuhan khusus* ( SLB )
- Judul modul ajar
- Deskripsi umum modul ajar
- Identitas penulis modul (nama dan asal organisasi)
- Gambar sampul (opsional)
- Tujuan Modul
- Pemilihan/pengunggahan referensi Alur Tujuan Pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyusunan Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan modul ajar
- Rancangan Penggunaan
- Total alokasi Jam Pelajaran (JP)** ( Keaksaraan )
- Penentuan moda pembelajaran (opsional)** ( Keaksaraan )
- Target murid (opsional)
- Jumlah murid (opsional)
- Sarana dan prasarana (opsional)
- Prasyarat kompetensi (opsional)
- Materi, Asesmen, dan Referensi
- Rancangan Modul Utuh, mengikuti ketentuan komponen minimum pada Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
- Modul ajar utuh setidaknya harus mencakup: tujuan pembelajaran, rencana asesmen, detail aktivitas, dan media pembelajaran.
- Materi
- Juul materi
- Rangkuman Kegiatan
- Asesmen
- Apabila masih diperlukan asesmen tambahan/asesmen alternatif, maka kontributor dapat mengunggah pada kolom asesmen yang tersedia. Jika tidak, kontributor dapat memilih “Sudah terlampir dalam modul utuh”.
- Referensi (opsional)
- Apabila masih diperlukan referensi materi lain yang bersumber dari PMM dan /atau dari sumber lain yang kredibel, maka kontributor dapat mengunggah tautan referensi tersebut pada kolom referensi yang tersedia.
*Komponen wajib diisi untuk modul ajar dengan jenis satuan pendidikan SLB
**Komponen wajib diisi untuk modul ajar dengan jenis satuan pendidikan Kesetaraan
Prinsip Pengembangan Modul Ajar
- Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan dan karakteristik mereka yang beragam, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
- Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
- Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
- Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra.
- Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Prosedur Pengembangan Modul Ajar
- Mengidentifikasi tujuan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran yang bisa dikelompokkan dalam satu lingkup materi. Satu Modul Ajar bisa mencakup beberapa tujuan pembelajaran.
- Melakukan asesmen awal untuk mengidentifikasi penguasaan kompetensi awal peserta didik.
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen beserta indikator keberhasilan asesmen yang akan dilakukan pada akhir lingkup materi. Pastikan asesmen selaras dengan tujuan pembelajaran.
- Menentukan periode waktu atau jumlah JP yang dibutuhkan.
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen formatif berdasarkan aktivitas pembelajaran.
- Membuat rangkaian kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Pastikan aktivitas pembelajaran selaras dengan tujuan pembelajaran.
- Persiapkan lampiran seperti lembar belajar, materi belajar, dan media belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik.
- Lampirkan instrumen asesmen seperti ceklis, rubrik atau lembar observasi yang dibutuhkan.
- Periksa kembali kelengkapan komponen modul ajar.
Rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana aktivitas langkah pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Kompetensi apa yang dituju oleh CP?
- Apa guna kompetensi tersebut dalam kehidupan peserta didik sehari-hari?
- Bagaimana strategi anda untuk memetakan penguasaan kompetensi prasyarat untuk melanjutkan ke pembelajaran berikut?
- Apakah hasil pemetaan menunjukkan mayoritas peserta didik telah menguasai kompetensi prasyarat untuk mencapai TP yang dituju?
- Strategi belajar apa yang paling efektif untuk peserta didik di tempat anda?
- Apakah sumber daya alam yang minim biaya mendapatkannya atau budaya di lingkungan sekolah yang dapat digunakan untuk peserta didik belajar?
- Apakah aktivitas pembelajaran ini mendorong kemampuan berpikir aras tinggi (HoTS)?
Konten (materi yang akan diajarkan) | Proses (cara mengajarkan) | Produk (luaran atau performa yang akan dihasilkan |
|
|
|
Contoh Modul Ajar yang menerapkan pembelajaran terdiferensiasi konten: Lihat dokumen ini
Apa Itu Modul Ajar?
Video Pengenalan Modul Ajar
Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.
Informasi mengenai Media Pembelajaran dapat dilihat di sini.
Konsep Modul Ajar
Tujuan pengembangan modul ajar:
- Mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran;
- Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran;
- Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;
- Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.
Dalam penggunaan modul ajar, pendidik memiliki kemerdekaan untuk:
- Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
- menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Contoh Modul Ajar
Judul Modul Ajar | Ragam Bentang Alam dan Keterkaitannya dengan Profesi |
Mata Pelajaran | IPAS |
Kelas/Fase | Kelas 4/Fase B |
Penulis | Dhian Yulia Krishantari, S. Pd. |
Tahun | 2023 |
Capaian dan Tujuan |
Elemen Capaian : Pemahaman IPAS
Tujuan Pembelajaran: Menganalisis hubungan antara ragam bentang alam dengan profesi masyarakat di sekitarnya.
Acuan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Lihat Dokumen ATP
|
Detail Penggunaan |
Total Alokasi Waktu: 7 x 35 menitModa Pembelajaran: Tatap MukaSarana dan Prasarana:
a. Kertas A4b. Kertas Asturoc. Kertas Lipatd. Alat Tulise. Pewarnaf. Guntingg. Lem Target Murid: Murid Reguler/tipikal Jumlah Murid: 28 Murid
|
Rancangan Modul Utuh | |
Materi 1 |
Materi 1: Mengenal Ragam Bentang Alam di Lingkungan Sekitar Rangkuman Kegiatan:
|
Materi 2 |
Materi 2: Mengetahui Kekayaan Alam yang Dihasilkan di Lingkungan Sekitarku Rangkuman Kegiatan:
|
Materi 3 |
Materi 3: Berbeda Tempat Berbeda ProfesiRangkuman Kegiatan:
|
Sumber : Pusat Informasi Kemdikbud
Bye: @bahrudin_2024
Terimakasih sangat membantu dalam Penyusunan
Sangat menginspirasi sekali bapak… Bagi kami guru guru…. Tetap semangat dan terus berkarya bapak… Semoga selalu terunggul dan terdepan 👍💪
Komponen modul ajar ini sangat membantu kami, semoga kedepannya kami dapat membuat modul ajar yang lebih baik lagi