Cikerut, 3 September 2024, dikunjungi Kordinator PSP Kota Cilegon dari BGP Provinsi Banten berkenaan dengan Kegiatan Kunjungan Lapangan Fasilitator Sekolah Penggerak SDN Cikerut, Kehadirannya sungguh sangat mengejutkan kata Kepsek ” Karena Di luar dugaan beliau hadir di awal sebelum kegiatan di mulai, hadirnya Bu Ririk Ratnasari di datangi para siswa yang konon katanya wartawan cilik, Bu Ririk panggilanya di bredel sejumlah pertanyaan dengan rasa penasaran, B Ririk sangat Santun dan enjoy menerima rentetan pertanyaan anak anak sebagai Pers Cilik.
Selesai Diskusi di ruangan kegiatan diawali dengan acara tarian sambutan Semapur Dance. Gemuruh tepuk tangan dari yang hadir menandai Acara Kegiatan Di mulai. Para siswa dengan semangat menyambut dengan dance Semapur berseragam Pramuka dan berkacamata Hitam.
Fasilitator sekolah penggerak Mulyati, M.Pd, Koordinator PSP dan Pengawas Binaan.. Berpoto bersama dan langsung melakukan Wawancara dengan Kepala Sekolah seputar Sumber Daya Manusia melalui raport Pendidikan. Dan Wawancara dan Diskusi Terbuat di Liputvdan Di tayangkan secara Live melalui Chanel SDN Cikerut.. Berikut Linknya
Kegiatan kunjungan lapangan ini sebagai salah satu agenda pendampingan PSP 2 (Program Sekolah Penggerak) tahun ke-3. Kunjungan lapangan ke sekolah merupakan Agenda dari Balai Guru Penggerak Propinsi Banten.“Kunjungan lapangan ini bukan untuk menilai, tetapi untuk diskusi bersama membangun hubungan yang harmonis, bersinergi, melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi pada forum Pokja Manajemen Operasional (PMO) pada tingkat sekolah serta melihat sejauh mana implementasi Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di SDN Cikerut,” tutur Hasanah. Pelaksanaan diawali dengan diskusi fasilitator bersama pengawas sekolah, kepala sekolah, serta Para Guru yang tergabung dalam Tim Atau Komite Pembelajar Sekolah menyiapkan paparan Program Sekolah tahun 2024 yang merupakan pengembangan dari Raport Pendidikan dengan Pendekatan Identifikasi, Refleksi dan Benahi, Bahrudin selalu Kepala Sekolah Penggerak Memaparkan Program dengan Progres nya dari 8 Standar Pendidikan, di kesempatan paparan lebih di tekankan pada pemaparan pengembangan Sumber Daya Manusia yg dmiliki Sekolah.Bahrudin selaku kepala Sekolah menguraikan bagaimana pemanfaatan Raport Pendidikan Sebagai Sumber Data seperti uraian berikut:
Dua Cara melakukan Perencanaan Berbasis Data untuk Satuan Pendidikan di SDN Cikerut
1. Buka platform Rapor Pendidikan Anda2. Klik ‘Unduh’ pada bagian atas platform Rapor Pendidikan, Lalu kemudian Anda akan mendapatkan 1 berkas Excel lembar Laporan Pendidikan dan Rekomendasi PBDTahap 1 : Identifikasi untuk memilih dan menetapkan masalahSetelah berhasil mengunduh data hasil Rapor Pendidikan satuan pendidikan Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan proses identifikasi dan menetapkan masalah.
- Buka file/dokumen yang sudah berhasil diunduh dari platform Rapor Pendidikan
- Pilih tab Rekom. Keseluruhan
- Lihat kolom identifikasi, lalu pilih masalah yang akan menjadi fokus untuk diperbaiki
4. Anda juga dapat melakukan Identifikasi pada tab Rekomendasi Prioritas dengan melihat kolom Identifikasi. Pada tab ini, Indikator prioritas sudah diurutkan berdasarkan yang paling perlu pembenahanCatatan:- Anda dapat menghapus kolom masalah beserta dengan refleksi dan benahi yang tidak Anda pilihTahap 2 : Memilih Akar Masalah1. Dari masalah yang sudah dipilih di tahap 1, pada tahap 2 ini Anda dapat memilih seluruh atau sebagian akar masalah level 1 dan 2 yang ingin diperbaiki yang terdapat di kolom Akar Masalah.Catatan:
- Anda dapat menghapus Akar masalah yang tidak dipilih bersamaan dengan bagian ‘benahi’-nya
- Anda dapat memilih dari kolom Akar Masalah baik dari tab Rekomendasi Keseluruhan atau Rekomendasi Prioritas
Tahap 3 : Memilih Benahi1. Dari akar masalah yang sudah dipilih di tahap 2, Anda dapat memilih sebagian atau seluruh inspirasi kegiatan benahi yang ingin dilakukan.2. Untuk memilih inspirasi kegiatan benahi, Anda dapat mempelajari dari kolom Tautan Referensi BenahiCatatan:• Inspirasi kegiatan benahi yang tidak dipilih bisa dihapus bersama dengan contoh kegiatan ARKAS• Dari inspirasi kegiatan benahi yang dipilih, Anda dapat memilih sebagian atau seluruh contoh kegiatan ARKASContoh: Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 2Tahap 4 : Memasukkan detail IRB ke dalam lembar kerja ARKAS Kegiatan yang dimasukkan ke dalam Lembar Kerja ARKAS merupakan kegiatan yang membutuhkan anggaran untuk pelaksanaannya. Berikut merupakan tata cara memasukkan dokumen rencana kerja ke dalam lembar ARKAS1. Pindahkan kolom inspirasi kegiatan benahi yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Benahi di lembar kerja ARKAS2.Pindahkan contoh kegiatan ARKAS yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Kegiatan di lembar kerja ARKAS. Anda juga perlu mengisi Kolom Penjelasan Kegiatan dengan rincian kegiatan apa saja yang ingin dilakukan sesuai dengan yang terdapat pada kolom Kegiatan. Selain itu Anda dapat mengisi kolom Uraian Kegiatan diisi dengan rincian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.3. Anda dapat mengisi kolom Jumlah dengan jumlah barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Untuk kolom Satuan berisi satuan barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Kolom Harga Satuan berisi harga per satu satuan (rujukan dapat melihat ke aplikasi SIPlah atau sumber lainnya yang relevan) dan kolom Total berisi perkalian antara jumlah dan harga satuanCatatan:
- Jika jumlah total anggaran melebihi estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Anda dapat mengurangi: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
- Jika jumlah total anggaran kurang dari estimasi total anggaran yang dimiliki, maka anda dapat menambahkan: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
- Jika total anggaran sudah sesuai, di reviu dan disetujui; Anda dapat memasukkan lembar kerja ARKAS ke dalam aplikasi ARKAS
Setelah tahap 4 selesai, Anda sudah memiliki dokumen ARKAS untuk satuan pendidikan Anda.Contoh: Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 2
Program unggulan
Setelah selesai pemaparan program Sekolah, dilanjutkan diskusi dilanjutkan bersama dengan fasilitator, pengawas, komite pembelajaran, Wali murid dan Seluruh Guru. Kali ini semua melakukan refleksi hasil Program Sekolah dari oengembangan Raport Pendidikan. Guru menyampaikan hal-hal terkait hambatan atau kendala dalam implementasi program yang terkait standar Pendidikan yg berfokus pada Kualitas Pembelajaran pada Aktifitas pembelajaran interaktif. Selain itu juga membahas bagaimana mengatasi hambatan dan peluang peluang di mungkin bisa dilakukan di SDN Cikerut dalam Implementasi Kurikulum Merdeka sesuai harapan. Diskusi berlangsung secara akrab dan kekeluargaan.Ada beberapa saran dan catatan dari fasilitator yang perlu diperbaiki dalam Penyusunan dan pelaksanaan program dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dilakukan. Hal ini sebagai evaluasi untuk memperbaiki implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Cikerut untuk Koreksi dan perbaikan kedepan.“Kurikulum Merdeka selalu bertumbuh Dinamis dan Fleksibel, SDN Cikerut akan terus bersiap, berproses menyesuaikan kebijakan-kebijakan baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka”, tegas Bahrudin selaku kepala sekolahBuku Saku Perencaan Berbasis Data (PBD) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Silakan Unduh disini