Cikerut, 26 Agustus 2024 – di SD Negeri Cikerut dilakukan monitoring pengelolaan BOS oleh TIm BOS, Hal ni dilakukan sebagai Evaluasi pengelolaan BOS Tahun ini, sebagai antisipasi dan prefentif, bilamana ada hal-hal dalam audit BPK kedepan bisa di minimalisir temuan-temuan yang berararti dan fatal, dan kegaiatan ini akan di lakukan tiap semester, Ungkap Hadi Selaku Ketua TIM Monitoring pada Kegiatan ini.

Kegiatan monitoring dilakukan pergugus atau kelompok, dan pada kegiatan kali ini adalah yang kedua setelah sebelumnya gugus yang di SDN Kedaleman 4 sejak pagi, dan Sesi Kedua di SDN Cikerut yang terdiri dari 8 Sekolah yakni;

  1. SDN Cikerut
  2. SDN Kedaleman 1
  3. SDN Kedaelman 2
  4. SDN Kedaleman 3
  5. SDN  Jerang barat
  6. SDN Jerang Ilir
  7. SDS Peradaban dan
  8. SDIT Al Hanif

Pelaksananaan monitoring tiap sekolah di evaluasi 1 orang dari tim Dinas Pendidikan secara bergiliran, kami sangat menerima dan terbuka apabila ada hal hal yang perlu di revisi dan dilengkapi mulai dari BKU, Pajak, dan SPJ bilamana perlu di revisi, Kata Pa Ahmad Jahuri Kepala SDN Kedaleman II Cibeber.

𝙎𝙚𝙡𝙖𝙞𝙣 𝙥𝙚𝙢𝙖𝙣𝙩𝙖𝙪𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙣 𝙚𝙫𝙖𝙡𝙪𝙖𝙨𝙞 𝙞𝙣𝙩𝙚𝙧𝙣𝙖𝙡, 𝙥𝙚𝙡𝙖𝙥𝙤𝙧𝙖𝙣 𝙟𝙪𝙜𝙖 menjadi bagian penting dari monev penggunaan dana BOS. Satuan Pendidikan harus menyampaikan laporan secara periodik kepada instansi terkait, seperti Dinas Pendidikan, untuk memberikan informasi terkait penggunaan dana dan capaian yang telah dicapai.

Laporan ini harus mencakup rincian penggunaan dana, pencapaian yang telah dicapai, kendala yang dihadapi, dan rencana tindak lanjut untuk perbaikan. Dengan demikian, pihak berwenang dapat melihat transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana tersebut.

Dalam melaksanakan monev penggunaan dana BOS, Dinas pendidikan perlu memastikan adanya mekanisme internal yang kuat, termasuk pembentukan tim khusus yang bertanggung jawab atas pemantauan, evaluasi, dan pelaporan. Tim ini memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup terkait dengan manajemen keuangan dan pendidikan dalam melaksanakan tugasnya dengan baik.

Selain itu, partisipasi aktif dari seluruh stakeholder, termasuk guru juga diperlukan dalam monev ini. Dengan melibatkan semua pihak terkait, akan tercipta sinergi yang kuat untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana BOS serta mendorong peningkatan mutu pendidikan di Satuan Pendidikan yang ada di Kota Cilegon khususnya di Gugus 2 Cut Nyak Dien.

Dalam kesimpulan, monev penggunaan dana BOS di Satuan Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penggunaan dana tersebut. Melalui pemantauan, evaluasi, dan pelaporan yang tepat, Dinas Pendidikan dapat memastikan bahwa dana yang diterima digunakan secara efisien dan memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik dan proses pendidikan secara keseluruhan. [email protected]