Jombang, 24 Agustus 2024, Suciati kepala SDN Sukmajaya 1 dikantornya mengatakan, Kegiatan ini merupakan langkah yang sudah di program di Sekolah, karena sekolah di Tahun kedua mendapatkan BOSKIN Berkemajuan baik, hal ini sangat bermanfaat buat peningkatan mutu guru yang berimbas pada pembelajaran siswa, sehingga dengan harapan muti Pendidikan di SDN Sukmajaya 1 meningkat dan berdampak.

Dalam Percakapan awal bersama Bahrudin Kepala SDN Cikerut memberikan Link Dokumen bahan Diskusi seperti terlampir Disini

Atau bisa dilihat pada Artikel sebelum melalui web ini silakan di Baca dan di Pedomani di Sini klik. Dalam rilis Artikel tersebut dipaparkan bagaimana menyusun Modul P5 dan Informasinya ada pula contoh contoh Modul Proyeknya.

Di Sesi berikutmya Peserta yang hadir sejumlah 10 guru masih antusias mengikuti bagaiman merencanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sukajaya 1 Jombang, pada kegiatan ini di bagi menjadi 2 sampai tiga kelompok sesuai dengan fase. mereka di minta mengisi LK yang bertujuan: Memilih tema, sasaran dimensi, topik, dan tujuan projek yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Nara seumber memberikan petunjuknya sbb:

  1. Pilihlah salah satu modul projek yang terdapat di PMM / Modul projek yang Bapak/Ibu miliki.
  2. Lakukan analisis terkait dengan isu, tema, tujuan, Projek Profil yang dilaksanakan.
  3. Tentukan Dimensi, Elemen, Subelemen, dan Capaian Akhir Fase sesuai dengan fase dan Subelemen yang akan dicapai.
  4. Tuangkan tulisan Bapak/Ibu ke dalam tabel di bawah ini:

Isu Projek, TemaTujuan Projek, Fase Projek, Alokasi Waktu, Dimensi Sasaran dan memberikan Gambaran Singkat Projek yang Dilakukan.

Selanajutnya Peserta diminta untuk menyelesaikan Rubrik Perkembangan ddengan format berikut:

Dimensi Elemen Subelemen Capaian Akhir Fase

Pada Sesi ini bertujuan Menyimulasikan pengaturan waktu pada projek yang dipilih

Petunjuk:

  1. Setelah membaca modul projek yang Bapak/Ibu gunakan, simulasikan bentuk pengaturan waktu yang akan dilaksanakan.
  2. Terdapat berbagai pilihan pengaturan waktu mulai dari penentuan waktu 1 hari dalam seminggu, projek di akhir waktu setiap hari, sistem blok, ataupun pengaturan lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan.

Pengaturan Waktu yang Dilakukan

Tahapan Judul Aktivitas Jumlah JP Jumlah JP
Pengenalan
Kontekstualisasi
Aksi
Refleksi

Selanjytnya beberapa kelompok mempresantasikan hasil Dsikusinya, dan Kegiatan beraalkhir, semoga para guru dengan adanya kegiatan hal seperti ini dapat mampu mengimplemntasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan yang diharpkan, Red Bahrduin