Cibeber, Rabu 07 Agustus 2024, Kwatir Ranting Cibeber mengadakan pesta siaga sebagai salah satu acara tahunan dengan tema “Ceria, Tangkas, dan Gembira”. Pesta siaga kali ini dilaksanakan di lapangan SD Negeri Cibeber 1 dan SD Negeri Cibeber 2, yang diikuti oleh perwakilan peserta didik kelas IV.

Pesta Siaga merupakan kegiatan yang penuh kegembiraan bagi anak Pramuka Siaga untuk berkumpul, bermain, dan merayakan pencapaian yang diraih. Pelaksanaan Pesta Siaga dilakukan dengan berbagai kegiatan dan permainan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan sosial dan fisik anak-anak, serta membangun semangat kebersamaan di antara mereka.
Selain sebagai salah satu acara tahunan yang sangat dinantikan dalam kalender kegiatan Pramuka, Pesta Siaga juga mempunyai tujuan untuk;
1. Meningkatkan Semangat Pramuka
2. Mempererat Persahabatan
3. Mengasah Keterampilan
4. Menyemangati Pembelajaran

 

Pesta Siaga kali ini diisi dengan berbagai jenis kegiatan yang bervariasi. Beberapa kegiatan Pesta Siaga meliputi:
1. Taman peduli sesama
2. Taman siaga ceria
3. Taman Agama dan Budi Pekerti
4. Taman Kerapian Berpakaian
5. Taman Ketangkasan Meniti Bambu
6. Taman Keterampilan
7. Taman Teknologi dan Budaya (KIM Penglihatan)
8. Taman Karnaval
9. Taman Patriotisme
10. Taman Peduli Lingkungan

Koordinator Pramuka SD Negeri Cikerut yang mengikuti kegiatan tersebut Ibu Siti Amaniah, S.Pd yang juga sebagai Pembina Gugus Depan Pramuka Sekolah menyampaikan “Kegiatannya sangat menarik dan menyenangkan sehingga akan menjadikan kegiatan yang sangat berkesan bagi pramuka siaga sehingga menumbuhkan semangat dan rasa cinta terhadap kepramukaan nantinya”. Ucapnya.
Pesta Siaga adalah waktu yang penuh kegembiraan dan kesempatan berharga bagi anak-anak Pramuka Siaga untuk merasakan keceriaan kegiatan Pramuka, mempererat hubungan sosial, dan belajar nilai-nilai penting melalui permainan dan aktivitas. Dengan perencanaan yang baik dan partisipasi aktif dari semua pihak, Pesta Siaga dapat menjadi pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi semua peserta.